• Kam. Jul 18th, 2024

Media Polri News

Cepat Tepat Akurat

HARAPAN PETANI DAN PETERNAK UNTUK PELAKSANAAN PROGRAM MAKAN BERGIZI GRATIS TAHUN 2025

ByMarjuddin Nazwar

Jun 25, 2024

Jakarta,-MEDIAPOLRINEWS.COM

Program unggulan Prabowo Gibran saat kampanye Pilpres 2024 adalah makan bergizi dan minum susu gratis untuk seluruh anak sekolah termasuk untuk ibu hamil yang diperkirakan berjumlah 82 juta orang. Program tersebut sudah dianggarkan di RAPBN tahun 2025 sebesar 71 trilyun, program tersebut akan dilaksanakan secara bertahap dari total anggaran yang dibutuhkan sekitar 450 trilyun..

Rencana anggaran tersebut bisa disetujui atau bisa juga berubah karena RAPBN 2025 akan dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama dengan pemerintah. Tim presiden terpilih akan menjelaskan secara detai rincian tentang program makan bergizi dan minum susu gratis tersebut seperti bagaimana pelaksanaanya, siapa pelaksanaanya, anggaran diserap oleh kementeria mana, kesiapan sumber pangannya, berapa jumlah penerimanya, sasaran wilayah untuk pelaksanaannya, menunya, kandungan gizinya dan masalah tehnis lainnya.

Program makan bergizi dan minum susu gratis rencananya akan dilaksanakan secara bertahap, strategi yang tepat dari pemerintah karena perlu dilakukan dengan cara yang efisien, efektif dan jika perlu anggaran dipergunakan seminim mungkin untuk menghindari terjadinya kegagalan, potensi korupsi dan sambil mencari format untuk pelaksaan selanjutnya. Diperkirakan dengan anggaran sebesar 71 trilyun mampu memberikan makan bergizi dan minum susu gratis kepada 12 sampai 13 juta anak sekolah.

Program makan bergizi dan minum susu gratis adalah sebagai solusi dalam banyaknya permasalahan dan tantangan yang sedang dihadapi oleh pemerintah, dengan satu program bisa sebagai solusi dari beberapa kesulitan, seperti masalah stunting, kemiskinan, pengangguran, harapan bagi bagi petani, peternak dan nelayan bisa meningkatkan perekonomian termasuk adanya kepastian pasar. Dengan anggaran yang ada yang bisa diserap oleh masyarakat, bukan hanya kalangan petani, peternak dan nelayan saja, tapi bagi kalangan usaha kecil menengah dan makro juga, perekonomian kerakyatan akan tumbuh, bagi pemerintah tujuan untuk jangka menengah dan panjang, cita-cita bangsa dan negara bisa tercapai untuk meraih swasembada pangan.

Bagi kalangan masyarakat yang berprofesi sebagai petani, adanya program makan bergizi dan minum susu gratis adalah sebuah kebijakan pemerintah yang berpihak kepada petani. Pemerintah berupaya membangun dunia pertanian, adanya kepastian pasar, kepastian harga dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

Pemerintah harus membuat aturan agar sumber pangannya diserap dari hasil produksi dalam negeri, karena kekhawatiran bagi kalangan petani dan peternak adalah kebutuhan sumber pangannya dari impor. Jika sumber pangan dan susunya berasal dari impor berarti hanya untuk mementingkan kepentingan segelintir orang saja, program makan bergizi dan minum susu gratis ini sama halnya dengan seperti program bantuan sosial, tidak berbeda dengan program bantuan sosial lainnya, yaitu hanya berdampak sesaat, hanya untuk jangka pendek saja dan berpotensi dikorupsi oleh oknum.

Pemerintah jangan melupakan bahwa program makan bergizi dan minum susu gratis ada program pemberdayaan di dalamnya, yaitu bagaimana agar kehidupan petani, peternak dan nelayan bisa lebih baik lagi, tujuan pemberdayaan harus dijadikan sebagai tujuan utama, bahwa pertanian dan peternakan harus dibangun kembali, negara Indonesia adalah negara agraris, salah satu potensi besar yang harus dibangkitkan kembali adalah bidang pertanian.

Pemerintah harus membangunan perekonomian kerakyatan, tujuan ini harus tercapai sehingga bagi tim presiden terpilih nanti harus benar-benar melaksanakan tujuan yang sebenarnya. Harapan masyarakat terutama yang memilih Prabowo sebagai presiden adalah adanya keyakinan dari para pemilih kususnya bagi kalangan petani, peternak dan nelayan bahwa Prabowo akan mampu mensejahterakan rakyat, masyarakat bisa meraih kehidupan yang lebih baik lagi, negara akan makmur dan rakyat akan sejahtera.

Penulis :
Tonny Saritua Purba
Ketua Bidang Tani dan Nelayan Depinas SOKSI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *