• Sab. Jul 20th, 2024

Media Polri News

Cepat Tepat Akurat

Saiful Chaniago Waketum DPP KNPI : “Tindakan Cepat Tegas POLRI Wajib Diapresiasi’

JAKARTA, mediapolrinews.com | Sabtu, 18 Mei 2024 – Tindakan cepat dan sikap tegas oleh kepolisian republik Indonesia terhadap kriminalitas di tengah masyarakat Indonesia belakangan ini, mendapatkan apresiasi oleh Wakil ketua umum dewan pimpinan pusat Komite nasional pemuda Indonesia (Waketum DPP KNPI) Saiful Chaniago, dia menuturkan Polri wajib diapresiasi.

Belakangan ini menurutnya tingkat kriminalis di Indonesia sangatlah tinggi, “Maraknya kriminalitas menurut kami, merupakan masalah besar yang harus mendapatkan perhatian serius oleh kita semua seluruh rakyat Indonesia. Apalagi, Indonesia telah berkomitmen untuk kemudian mempertegas kepentingan pembangunannya dengan sebaik-baiknya ke arah kemajuan, alias mewujudkan Indonesia emas. Karenanya, kita semua wajib memaksimalkan ikhtiar dalam semua kepentingan kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga kemudian bisa mewujudkan nilai terbaik dalam kehidupan bermasyarakat, dan demikian meniscayakan penguatan pondasi yang kokoh guna memastikan optimalisasi semua program pembangunan nasional secara terukur dan berkesinambungan”,tutur Caniago Waketum.

Lanjut Chaniago, “Kriminalisasi merupakan masalah besar dan serius yang juga menjadi salah satu penghalang terhadap ikhtiar kemajuan Indonesia. Maka, sudah tepat apabila pihak kepolisian Indonesia bersikap tegas dan bertindak cepat guna memastikan stabilisasi kehidupan masyarakat yang baik, tenang dan nyaman”,ujarnya Sabtu (18/5)

Kepolisian republik Indonesia secara regulatif, berdasarkan undang-undang nomor 2 tahun 2002 bahwa kepolisian republik Indonesia merupakan alat Negara yang berperan dalam pemeliharaan kamtibmas, penegakan hukum, serta memberikan perlindungan, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

Dengan demikian, kepolisian Indonesia berada pada barisan terdepan dalam memastikan keamanan serta ketertiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karenanya sebagai warga negara Indonesia kitapun berkewajiban mendukung penuh tugas dan tanggungjawabnya kepolisian Indonesia, juga berkewajiban mengapresiasi semua prestasi kepolisian Indonesia atas upaya mengurangi nilai kriminalitas di bumi Indonesia”,terangnya.

Mengurangi nilai kriminalitas ataupun bahkan menghilangkannya, pastinya tidak mudah atau diistilahkan dengan tidak semudah membalikan telapak tangan, akan tetapi ketegasan yang sungguh-sungguh oleh kerjasama semua pihak seluruh rakyat Indonesia, paling tidak mampu mengurangi tingkat kriminalitas, sehingga ikhtiar terhadap kemajuan Indonesia bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Pandangan kami, seharusnya tidak saja menumpukan tanggungjawab keamanan dan ketertiban masyarakat hanya kepada kepolisian Indonesia, akan tetapi pihak yang memiliki tugas dan tanggungjawab terhadap pemberdayaan masyarakat secara dini, harus juga dioptimalkan. Institusi pendidikan, institusi keagamaan, menurut kami memiliki tanggungjawab yang besar terhadap kepentingan pemberdayaan masyarakat ke arah sebaik-baiknya, sehingga masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pengetahuan yang baik dan terukur terhadap pentingnya nilai-nilai kemanusiaan, serta mampu menjaga dan memelihara kehidupannya dalam semua kepentingan kemaslahatan bermasyarakat”,ucapnya Lagi

Sekiranya, pemberdayaan masyarakat merupakan suatu kebutuhan terdesak saat ini, karena kondisi kehidupan masyarakat Indonesia sedang diperhadapkan pada banyak permasalahan sosial, maka semestinya harus diperhatikan secara sungguh-sungguh oleh terkhsusnya institusi negara yang diberikan tanggungjawab untuk itu. Kriminalitas sejatinya akibat dari rendahnya tingkat pengetahuan dan tingkat keimanan seseorang, sehingga berakibat pada perilaku yang mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan dan mendorong perbuatan kriminal. Oleh karena itu, institusi pendidikan dan institusi keagamaan Indonesia harus menaruh perhatian yang fokus dan sungguh-sungguh terhadap optimalisasi pemberdayaan masyarakat Indonesia dengan sebaik-baiknya. Bahwa, apabila penguatan nilai pendidikan dan nilai agama telah optimal kepada masyarakat, maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap rendahnya tingkat kriminalitas.

Akhirnya menurut kami, kemajuan Indonesia harus didukung oleh kita semua seluruh rakyat Indonesia, dengan senantiasa memastikan ikhtiar terbaik pada semua kepentingan kemaslahatan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kepolisian republik Indonesia wajib didukung oleh kita semua dengan segenap potensi, karena kepolisian adalah barisan terdepan terhadap kepentingan keamanan dan ketertiban berbangsa dan bernegara”,tukasnya Saiful Chaniago.

(Red/Sby)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *