Usai Di Surati FIFA, Presiden RI Akan Bentuk Tim Transformasi Sepakbola Indonesia

JAKARTA – Dilampir dari Akun YouTube Sekretariat Presiden menggungah video berdurasi 3 menit 1 detik pada Jum’at (7/10/2022) yang berisikan pernyataan Presiden Jokowi.

Presiden menjelaskan bahwa Pemerintah dan FIFA akan Bentuk Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia, 7 Oktober 2022,” tulis judul dalam video tersebut.

Kepala Negara Republik Indonesia menceritakan koordinasinya dengan FIFA dan AFC terkait tragedi Kanjuruhan yang merenggut banyaknya 131 nyawa di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober 2022.

Ir. H. Joko Widodo memastikan bahwa FIFA tidak akan menghukum PSSI akibat peristiwa paling tragis dalam sepak bola Indonesia.

Dalam video itu, Presiden RI juga memaparkan lima kolaborasi dengan FIFA dan AFC yang bersinggungan dengan klub maupun suporter.

“Kemarin, saya telah menerima surat dari FIFA. Ini tindak lanjut dari hasil pembicaraan saya melalui telepon dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino pada 3 Oktober 2022,” jelas Presiden Republik Indonesia.

Selain itu akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, AFC, dan pemerintah Indonesia.

5 Kolaborasi Pemerintah, FIFA, dan AFC

  1. Membangun standar keamanan stadion untuk stadion-stadion di Indonesia.
  2. Memformulasikan standar protokol dan prosedur keamanan yang dilakukan kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional.
  3. Kita juga akan bersama-sama melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub sepak bola Indonesia termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama.
  4. Tentang pengaturan jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada.
  5. Pendampingan dari para ahli di bidangnya. Nanti Presiden FIFA akan datang ke Indonesia pada Oktober atau November 2022 untuk berdiskusi dengan pemerintah.

(End/Ck/Ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *