Satgas Pamtas Yonarmed 10/Bradjamusti Berikan Pelatihan Kerajinan Tangan Bagi Ibu-ibu

KALIMANTAN BARAT, MEDIAPOLRINEWS|Bertempat di Desa Sei Tekam, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau sebanyak 4 orang anggota  Satgas Pamtas Yonarmed 10/ Brajamusti dibawah pimpinan Danpos Sei tekam Lettu Arm Satrio, kembali menginisiasi warga membangun ekonomi kreatif dengan  memberikan pembekalan latihan kerajinan tangan dari sumber daya alam  di sekitar agar dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat.

Dengan melihat kekayaan alam yang ada di wilayah binaannya, anggota Satgas Pamtas Yonarmed 10/ Bradjamusti berupaya untuk berinovatif dengan memberikan pelatihan kerajinan tangan bagi masyarakat, meskipun begitu sederhana namun hasil dari kerajinan tangan tersebut dapat memberikan manfaat dan nilai guna yang baik untuk dijadikan perabotan rumah tangga. Dari kegiatan tersebut, Ibu-Ibu yang di berikan pelatihan kerajinan tangan sangat antusias untuk mengikuti pelatihan dari anggota Satgas dalam mempraktekan pembuatan perabotan rumah tangga yang terbuat dari bahan daun Senggang  tersebut yang tumbuh subur di sekeliling Desa mereka.

Sekalipun disertai senda gurau, kerajinan tangan yang dibuat nampak membuahkan hasil yang baik dan disukai oleh Ibu-Ibu Desa Sei Tekam ini sehingga banyak pula perabotan rumah tangga berupa Tikar dan tampah yang dibuat berkat pelatihan dari anggota satgas. Tikar dan tampah yang telah dihasilkan ini nantinya
akan di tawarkan ke warung warung untuk membantu perekonomian warga desa Sungai tekam.

Sementara ditempat terpisah, Dansatgas Pamtas Yonarmed 10/ Bradjamusti, Mayor Arm Ady Kurniawan M.Han. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Badau, Selasa (20/06/2023).

Kegiatan  yang dilaksakan oleh Pos Sei tekam bersama warga desa binaannya merupakan salah satu dari penerapan tugas pokok Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti  yakni membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara menginisiasi warga untuk kembali meningkatkan ekonomi kreatif melalui pembuatan perabotan menggunakan Sumber daya alam yang tumbuh subur di sekeliling desanya.

“Dalam upaya menumbuh kembangkan ekonomi kreatif di wilayah Desa Sei Tekam yang sangat berpotensi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Anggota Satgas Pamtas Yonarmed 10/Bradjamusti Pos Sei Tekam menginisiasi warga desa binaannya untuk mebuat kerajinan tangan menggunakan Daun senggang yang tumbuh subur di sekeliling desa. Hal tersebut merupakan contoh kongkrit keberadaan satuan penugasan tidak hanya menjaga keamanan wilayah saja, namun turut pula memberikan nilai manfaat dengan memberikan pelatihan kerajinan tangan bagi Ibu – Ibu Perbatasan  dan ini pun sudah menjadi bagian tanggung jawab TNI dalam penugasan untuk senantiasa  berinovatif memanfaatkan sumber daya alam yang ada di wilayah bagi kepentingan masyarakat,” ujar Dansatgas

Salah satu tokoh masyarakat dari Desa Sei Tekam sangat mengapresiasi kehadiran anggota Satgas Pamtas Yonarmed 10/ Bradjamusti  yang telah memberikan pelatihan kerajinan tangan.  Disampaikannya bahwa semua masyarakat Desa Sei Tekam  memberikan respon yang positif dengan kehadiran satgas di wilayahnya, sehingga terjalin hubungan interaksi yang baik antara TNI dan masyarakat dan turut serta menjaga keamanan yang kondusif di wilayah Desa Sei Tekam. Dilain sisi, masyarakat juga sangat berterima kasih untuk sebuah inovasi baru yang diajarkan oleh anggota Pos Sei Tekam, sehingga diharapkan kedepannya kerajinan tersebut dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(Linda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *