• Jum. Jul 12th, 2024

Media Polri News

Cepat Tepat Akurat

Pembangunan Rumah Warga Korban Gempa Cianjur Libatkan TNI-POLRI

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melibatkan TNI/Polri dalam pembangunan kembali rumah warga yang rusak berat pasca gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang Kota Santri itu, pada senin (21/11/22) lalu. Untuk itu, Pemkab masih terus melakukan pendataan sebagai upaya penanganan cepat pemulihan usai bencana.

“Untuk pembangunan rumah kembali bagi warga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah akan dibantu TNI/Polri dan warga sekitar. Sedangkan untuk menengah ke atas akan diberikan uang tunai dengan pengerjaan dilakukan secara mandiri,” jelas Bupati Cianjur, Herman Suherman, Jumat (02/12/2022). Dilansir dari Humas polri

Bupati menjelaskan, diminta akan terus melakukan pendataan untuk pembangunan jumlah rumah yang rusak. Pastinya, jumlah itu akan terus mengalami penambahan setiap harinya sesuai pendataan dan verifikasi yang dilakukan tim khusus di lapangan.

“Dari hasil pendataan dan verifikasi tim khusus, tercatat sekitar 24.107 rumah rusak dengan kategori rusak ringan sebanyak 11.203 unit, rusak sedang sebanyak 7.273 unit dan rusak berat sebanyak 5.631 unit,” terangnya.

Dia menambahkan, pendataan yang dilakukan agar warga yang rumahnya rusak akan mendapat bantuan sesuai pusat yang disebutkan pemerintah pusat. Untuk rumah rusak berat akan mendapatkan bantuan Rp.50 juta, rusak sedang Rp.25 juta dan rusak ringan sebesar Rp.10 juta.

“Nanti, ada tim khusus yang akan melakukan verifikasi di lapangan,” tutup Herman kepada wartawan.

(Iwn)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *