Melalui APBD Senilai 7,1 Milyar. Rencana Pembangunan Pasar Rakyat Tradisional Desa Tlajung Udik

BOGOR, MEDIAPOLRINEWS | Senin 02 Oktober 2023 – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melakukan sosialisasi bersama Pemerintah desa Tlajungudik di aula desa pasalnya pertemuan sosialisasi kali ini merupakan pertemuan ke tiga (3) kalinya.

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut, muspika, kepala desa Tlajung Udik Yusuf Ibrahim, BPD, Kapolsek didampingi Babinkamtibmas, Danramil di dampingi Babinsa, dan LPM desa Tlajung udik. hadir pula kepala dusun, ketua RW dan Warga Griya Bukit Jaya desa Tlajung Udik Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Hadir pula dari Disperindag Yayan Pahyan dan Pelaksana Haikal serta Konsultan CV Bella Persada.

Pasar Rakyat Tradisional di Desa Tlajung Udik ini nantinya merupakan salah satu menjadi pusat pengembangan ekonomi kerakyatan pada skala mikro dan kecil di kecamatan gunung putri. Untuk itu perlu diberdayakan dengan diciptakan kondisi lingkungan yang baik, aman dan nyaman. Dimana Pasar Tradisional merupakan salah satu warisan budaya Indonesia. Sehingga Pasar Tradisional harus mampu mewujudkan pasar ramah dan segar. Ramah berarti masyarakat dapat berinteraksi saling tawar menawar secara ramah. Segar berarti masyarakat yang berjualan menyediakan atau menjual  bahan pokok yang segar. Hal itu sesuai dengan visi misi yang diungkapkan oleh Menteri Perdagangan RI. “Untuk itu sosialisasi peraturan perundangan pasar tradisional ini harus dilakukan,” ujar Yayan Pahyan

Dalam rapat sosialisasi tersebut menurut keterangan di peroleh dari ketua RW setempat Rapat sosialisasi belum ada titik temu dari warga,

“Dari 2022 sudah ada perencanaan tuk pasar rakyat namun dampak AMDAL nya seperti apa klo sudah menjadi pasar dan seperti apa penanganan nya mengenai sampah dari pasar mangka nya warga kuatir dan keberatan tuk pembangunan pasar di GBJ”, ungkap Ketua RW

Menanggapi hal tersebut keluhan warganya Kepala desa Yusuf Ibrahim menyarankan sebaiknya dari pelaksana dan konsultan harus sosialisasikan lagi kepada RT RW Kadus dan warga setempat agar bisa kondusif untuk pembangunan pasar tradisional”,Pungkasnya.

Senada di sampaikan Kapolsek gunung putri perlu lebih pendekatan lagi kepada warga agar kondusif terutama ke RT RW Danramil pun demikian sependapat lebih pendekatan lagi kepada warga griya bukit jaya”katanya.

Sementara Pihak pelaksana Haikal dan konsultan berharap kepada warga setempat dan RT RW griya bukit jaya semoga pembangunan pasar tradisional di setujui oleh warga tidak ada lagi penolakan oleh warga seperti yang sudah-sudah sebelumnya”,pungkasnya.

Laporan Jurnalist Yunus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *