Jambore Seni 2023 Berlangsung di Green Forest Hotel, Bogor

BOGOR, MEDIAPOLRINEWS | Sabtu 22/07/23, Sudin Kebudayaan Jakarta Timur mengadakan “Jambore Seni 2023” di Green Forest Hotel, Bogor, Jawa Barat. Acara yang melibatkan para seniman lintas disiplin kesenian di Jakarta Timur ini membahas perihal pemajuan kebudayaan yang dibuka oleh Kasudin Jakarta Timur, Berkah Sadaya, yang didampingi perwakilan para seniman di masing-masing bidang. Selanjutnya, Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur, Berkah Sadaya, memaparkan tentang manuskrip 11 objek pemajuan kebudayaan dan strategi pengembangan kebudayaan lewat kesenian lintas disiplin, serta, memperkenalkan sebuah program dari Sudin Kebudayaan Jakarta Timur, yaitu, Jakarta Timur Art Festival (JT Art Festival-dibaca), yang akan menjadi ruang bagi para seniman/sanggar/grup/komunitas yang berada di wilayah administrasi Jakarta Timur, untuk menampilkan karya-karyanya.

“Pusat Pelatihan Seni dan Budaya ini adalah rumah bagi para seniman yang ada di Jakarta Timur. Jadi. Siapa saja seniman yang punya karya, dan dibidang seni apa saja silahkan ditampilkan disini. Dan, kami Sudin Kebudayaan Jakarta Timur membuka diri untuk itu”, Ujar, Kasudin Kebudayaan Jakarta Timur, Berkah Sadaya, di Jambore Seni 2023, di Bogor.

Jambore Seni 2023 Jakarta Timur dilanjutkan dengan materi dari ketua Ikatan Teater Jakarta Timur (IKATAMUR), Reza Ghazali, tentang “Akselerasi Pemajuan Kebudayaan Lewat JT Art Festival”, yang dalam pemamparan materi nya semua unsur kesenian harus saling menopang serta menjadikan JT Art Festival sebagai ajang titik temu yang simbiosis mutualisme. Reza Ghazali juga menjelaskan “bagaimana seni itu menyentuh regenerasi ?. Dan, itu sebenarnya pekerjaan rumah bersama. Strateginya adalah mendidik seniman muda dan menjaga seniman yang sudah mapan “, begitu Reza Ghazali dalam paparan materi nya.

Kemudian, Jambore Seni 2023 diisi dengan pemberian materi manajemen seni pertunjukan yang dipresentasikan oleh Atien Kisam, dan Yustiansyah Lesmana yang menjelaskan tentang materi lintas media.

Selanjutnya, acara Jambore Seni 2023 dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Whardana, dan Sekretaris Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Imam Hadi Purnomo, yang disambut dengan yel-yel dari seluruh peserta. Pada kesempatan tersebut Kadis Iwan Henry Whardana, mengatakan, “Jambore Seni 2023 yang dilaksanakan oleh Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur bagian dari usaha kita mengumpulkan kembali soliditas kekompakan para pegiat seni yang ada di Jakarta Timur. Ini adalah sebagai contoh bagi kota-kota atau wilayah administrasi lainnya, bagaimana kita mengumpulkan dan menumbuh kembangkan minat bakat para pekerja seni yang ada disini. Artinya, Jakarta Timur ini dapat menjadi contoh wilayah kota lain terutama bagaimana mengangkat seni budaya kedalam sebuah perkumpulan yang solid. Dimana masing-masing anggota saling menghargai, menghormati, dan menjunjung tinggi adab kesenian dan kebudayaan, itu harapan kita semua”, ucap, Kadis, Iwan Henry Whardana, saat diwawancarai oleh media.

Acara Jambore Seni 2023 dilanjut dengan api unggun, dimana para seniman berkumpul di lapangan sambil membuat lingkaran mengelilingi api unggun. Disela itu, kawan-kawan ikatamur menampilkan performance art, pembacaan puisi, bernyanyi, dan para pesilat memperlihatkan gerakan beberapa jurus dari masing-masing sanggar.

Jambore Seni 2023 dilaksanakan oleh Suku Dinas kebudayaan Jakarta Timur, berlangsung selama dua hari, di Bogor. Kegiatan tersebut selain melibatkan seniman-seniman di Jakarta Timur, Sudin Kebudayaan turut mengundang, Asosiasi Teater Jakarta Pusat (ATAP), Simpul Teater Jakarta Selatan (Sintesa), Ikatan Drama Jakarta Barat (Indraja), Ikatan Teater Jakarta Utara (Itera), Forum Seniman Peduli Taman Ismail Marzuki (saveTIM), Dewan Kesenian Jakarta (DKJ).

(Ck)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *